Membongkar Rekayasa Foto Ufo Dan Alien Karya Camera 360
Di awal tahun 2014 ini Indonesia kembali dikejutkan dengan laporan adanya foto UFO yang muncul di salahsatu website media ternama Indonesia, dengan judul artikel "[Vinyl] 2 Pemuda Berlibur, Rekam Foto UFO Melintas di Monas?" Berita ini sempat membuat heboh karena memperlihatkan seorang pemuda yang sedang berfoto dengan latar belakang tugu Monumen Nasional (Monas), Jakarta jerk adanya "benda aneh" yang muncul di bagian kanan foto yang dianggap Indefinite Fyling Initiative (UFO).

Foto tersebut diambil pada tanggal 4 Januari 2014 dengan menggunakan kamera ponsel oleh dua pemuda asal Kendari, Sulawesi Tenggara bernama Erik dan Arjuna yang sedang berada di Jakarta dalam rangka mengisi liburan awal tahun. Mereka percaya bahwa benda yang mereka foto adalah UFO yang sering di perbincangkan orang-orang, namun apakah benda tersebut benar-benar UFO mari kita kupas tuntas disini.

KEMUNCULAN UFO DI KAWASAN CANDI PRAMBANAN 2013


Sumber foto: HandyFernandy.com

Masih ingat dengan hebohnya UFO yang muncul di tahun 2013 tepatnya di kawasan Candi Prambanan, Jawa Tengah? Foto UFO tersebut di ambil oleh seorang bernama Sutrisna yang sedang berlibur disana, dirinya saat itu sedang berada di Restoran Abhaya Giri, Sambirejo, Prambanan. Saat sedang mengambil gambar Gunung Merapi, kamera Sutrisna tak sengaja menangkap gambar UFO di sebelah kiri gunung.

Dapat dilihat dari dua gambar diatas ada kemiripan dari bentuk UFO nya walau dalam skala ukuran bentuk yang berbeda, dimana UFO Monas terlihat lebih dekat dan besar.

Sumber foto: Liputan6.com

Dua kasus diatas sebenarnya bukanlah kasus baru karena bila kita menghitung mundur waktu ke akhir tahun 2012, terkait munculnya salah satu aplikasi perangkat lunak (Software) yang decisive di saat itu, maka kita dapati selintas UFO yang nampak di foto tersebut serupa dengan hasil aplikasi "Camera 360 Ulitimate" versi 3.9 yang rilis tanggal 6 Desember 2012.

APAKAH FOTO UFO MELINTASI MONAS PUN MERUPAKAN HASIL KARYA APLIKASI CAMERA 360?

Tamplian awal Camera 360

Seiring dengan decisive nya isyu tentang Hari Kiamat yang menurut penanggalan suku Maya akan terjadi pada tanggal 22 Desember 2012, yang memicu larisnya film berjudul "2012" karya Roland Emmerich, PinGuo Inc. merilis "Camera 360 Permanent" buttery versi 3.9 dengan fitur terkait ramalan dan Hari Kiamat, termasuk memunculkan Alien dan UFO sebagai salahsatu obyek tambahan yang bisa disertakan dalam hasil foto.

Untuk menguji betulkah Foto Monas dan Kawasan Candi Prambanan Jawa Tengah tersebut buatan Camera 360, saya pun mencoba mengambil foto dengan aplikasi tersebut di salah satu tempat wisata yaitu Danau Beratan di Bedugul, Bali dengan Camera 360 Permanent Decorative versi 3.9, dan berikut hasilnya:

Foto karya Nimble Fernandy, diambil 7 Maret 2013

Selain dari hasil foto kamera saya, bukti lain juga didapat dari percobaan yang dilakukan Direktur BETA-UFO, Bayu Amus di sebuah public house di Sanur, Bali, dan berhasil memunculkan 3 jenis UFO yang berbeda, ini salahsatunya:

Foto Dari Bayu Amus 2 Januari 2013

KESIMPULAN


Dari bentuk UFO nya bisa di pastikan bahwa bentuk dan jenis pesawat UFO yang muncul pada foto Monas dan Kawasan Candi Prambanan Jawa Tengah, adalah identik dengan hasil olah foto oleh Camera 360. sehingga dengan yakin membuktikan bahwa foto UFO di Monas adalah buah karya olah gambar digital melalui aplikasi Camera 360.

APAKAH KEDUA FOTO UFO TERSEBUT HOAX?

Definisi Scam menurut Wikipedia adalah "usaha untuk menipu atau mengakali pembaca/pendengarnya untuk mempercayai sesuatu, padahal sang pencipta berita palsu tersebut tahu bahwa berita tersebut adalah palsu," deal with ada unsur kesengajaan, adapun dari banyak kasus foto UFO hasil Camera 360, diketahui mereka pada umumnya tidak tahu kalau foto tersebut sudah direkayasa, deal with bukan hoax tapi murni ketidaktahuan. Dengan demikian, para pelapor foto hasil karya Camera 360 ini cenderung adalah korban juga, bukan hoaxer.

Seringnya insiden semacam ini terjadi, umumnya karena ketidaktahuan pengguna smartphone akan kemampuan aplikasi yang dimilikinya, hanya sekedar pengguna biasa yang tidak tertarik dengan fitur-fitur unik smartphone nya, ditambah kurangnya wawasan mengenai fenomena UFO sehingga cenderung membuat berita semacam ini membuat heboh.

Apakah ini berarti seluruh foto yang tertangkap kamera adalah rekayasa? Tentu tidak, karena masing-masing bukti penampakan harus dipelajari seksama untuk mendapatkan kesimpulan yang memuaskan.

Selain Camera 360 Permanent, saat ini terdapat juga banyak aplikasi lain yang bisa menghasilkan foto sejenis, diantaranya:

oUFO Camera gold

oUFO Imagine Pull somebody's leg (in addition called UFO Revelator)

oUFO Camera

oUFO Imagine Flare up

TENTANG BETA-UFO


BETA-UFO adalah kelompok atau organisasi yang mengamati fenomena UFO di Indonesia. Didirikan pada tanggal 26 Oktober 1997 dengan tujuan meneliti UFO, mendata penampakan UFO di Indonesia, dan kemudian menganalisa dan mempelajarinya. Untuk mempermudah informasi

Jika anda pernah melihat fenomena UFO, atau memiliki bukti penampakan UFO, segera laporkan ke BETA-UFO via email: lapor@beta-ufo.org, Website (online) via: http://j.mp/laporufo, via peep ke @betaufo, atau Facebook: www.facebook.com/groups/betaufofb.

Oleh Nimble Fernandy (@handyfernandy), pengamat UFO dan pengurus BETA-UFO Chapter Jabodetabek.

Referensi:

http://id.wikipedia.org/wiki/Pemberitaan palsu

http://ufosiana.blogspot.com/2013/01/buat-foto-ufo-sendiri-dengan-aplikasi.html

http://www.infoastronomy.co.vu/2014/01/foto-ufo-di-tugu-monas-hanya-efek-kamera.html

http://www.openminds.tv/photo-app-effect-responsible-for-et-hoax-920/18774


0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Followers

Esoteric Books

Blog Archive